Cara Lengkap Mengatasi Motor Mogok Dan Penyebabnya

   Cara Mengatasi motor mogok dan kenali penybabnya-Hai jumpa lagi,Hari ini saya akan memberi sedikit tips untuk kalian semua pengguna motor,dari motor matic,bebek,dan semua jenis motor pasti pernah mengalami motor mogok,Kenapa sih motor bisa mogok..? pertanyaan yang tepat sekali,kenapa motor yang anda pakai sering mogok sendirinya di jalan,yap pada saat anda berpergian jauh setelah itu motor anda mogok tiba-tiba terus anda tidak tahu apa yang harus anda perbuat dengan motor anda.


   Motor sering mogok di jalan pastilah merupakan pengalaman yang amat tidak menyenangkan. Tidak hanya itu, motor yang mogok mendadak bisa membahayakan keselamatan anda sebagai pengemudi dan sesama pengguna jalan. Namun untuk mengatasi motor yang mogok secara mendadak pada saat berkendara, kerap menjadikan sebagian orang kebingungan dimana masih banyak orang yang kurang mengetahui tentang penyebab yang bisa menjadikan motor sampai bisa mogok mendadak.

Jadi Kita langsung saja membahas Tentang Penyebab nya terlebih dahulu,Berikut ini adalah penyebab motor mogok:

A.PENYEBAB MOTOR MOGOK

1. FILTER YANG KOTOR

   Kenapa filter yang kotor dapat menyebabkan motor yang mogok ,di karenakan jika filter udara kotor akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok.jika belum tau apa fungsi filter pada motor,fungsi filter udara adalah Untuk menyaring udara masuk ke dalam ruang bakar agar tidak tercampur dengan kotoran debu pasir dan semacamnya,supaya campuran udara dan bahan bakar anda sempurna.
Bagian filter yang kotor

2.TIDAK ADANYA PENGAPIAN

   Bagian kedua yang perlu anda ketahui adalah bagian pengapiannya kenapa harus di pentingkan,karna jika tidak adanya pengapian tersebut motor akan mati dengan sendiri,apa penyebabnya.Salah satu penyebab sepeda motor mendadak mati adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Di ruang pembakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jika api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.










3.TUTUP TANGKI TERSUMBAT

   Bagian yang ketiga adalah tutup tangki yang tersumbat,ini adalah masalah kecil atau mudah di perbaiki,pada tutup tangki ada lubang kecil yang di sebut ventilator atau pernapasan.apabila lubang tersebut tersumbat akan berakibat kehilangan sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak dapat mengalir dengan sempurna.



4.MESIN YANG TERLALU PANAS ATAU OVERHEAD

   Bagian lainnya yang perlu anda perhatikan adalah mesin yang terlalu panas sehingga akan membuat mesin mati tiba-tiba atau sendirinya.Penyebab overheat pada motor adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antra piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet padaliner boring.



5.SETELAN KLEP YANG TIDAK PAS

   Jika anda mnetel bagian klep haruslah berhati-hati jika tidak pas akan membuat klep tidak pas dan membuat mati mesin,Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang. “Kerenggangan klep ini sangat penting, maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah di standarkan sesuai spesifikasi mesin.



6.PENGGUNAAN BAHAN BAKAR YANG BEROKTAN RENDAH

   Pemilihan jenis bahan bakar adalah pengaruh terakhir dalam penyebab motor mogok karna besarnya pengaruh dapat hasil yang jelek pula,oleh karena itu,Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati. Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah.




   Nah setelah kita mengetahui semua penyebab motor mogok,apakah anda telah mengetahui tentang cara mengatasinya ..? ,bagian tips dan cara mengetahui ini adalah langkah akhir dalam membenarkan motor yang mogok,bagaimana jika kita tahu penyebab tapi tidak tahu cara mengetahuinya,nah saya langsung memberi tips satu persatu dari 6 penyebab nya yuk di baca sampai selesai,berikut ulasananya:

B. CARA MENGATASINYA

1. CARA MENGATASI FILTER YANG KOTOR

-Cara mengatasi filter nya gampang cukup anda sering-sering melihat saringan udaranya,dan bagia anda yang mempunyai motor matic honda tidak lagi bisa di bersihkan tapi langsung di ganti,jadi  jangan terlalu membayangkan dananya tapi ambilah sisi positifnya,sisi positif nya adalah filter udara ini lebih awet di banding filter yang terus-menerus di bersihkan.

2. CARA MENGATASI TIDAK ADANYA PENGAPIAN

   Cara mengatasi tidak adanya pengapian adalah sering lah melakukan pengecekan pada satu-persatu seperti busi,koil,CDI,sepul,dan bagian yang lain untuk memastikan kompenen mana yang mati.

-BUSI
   Yang pertama bagian busi caranya adalah lepaskan dan dekatkan busi pada blok mesin,kemudian tekan tombol starter.jika busi memercikan api berwarna biru,artinya busi anda sehat-sehat saja.jika busi memercikan api berwarna merah maka segera ganti busi sesuai dengan motor anda.


-CDI
   Komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.
 


-KOIL
   Untuk bagian mengatasi koil yang mati caranya adalah Tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu starter mesin, bila terdapat percikan api jangan terburu-buru menyimpulkan koil masih bagus. Cek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil tidak berfungsi optimal. Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik kalau ternyata arus di busi tidak ada maka komponen itu tidak berfungsi lagi. Alangkah lebih baik bawa ke bengkel terdekat supaya bisa dicek dengan multitester.  

3. CARA MENGATASI TUTUP TANGKI TERSUMBAT
 -Untuk bagian mengatasi tutup tangki tersumbat,cukup anda pastikan bagian lubang ventilator tangki bersih dan tidak tersumbat. untuk cara menghilangkan lubang ventilator tertutup cuku anda menggunakan udara yang bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran di dalam lubang ventilator.

4. CARA MENGATASI MESIN YANG TERLALU PANAS ATAU OVERHEAD
-Cara mengatasi mesin yang terlalu panas atau overhead anda cukup Mendiamkan beberapa saat sampai mesin benar-benar dingin,setelah itu lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru ke dalam lubang busi.Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat/macet setelah selesai anda bisa menyalakan motor anda menggunakan starter.

5. CARA MENGATASI SETELAN KLEP YANG TIDAK PAS
-Cara mengatsi bagian Ketidak cocokan setingan klep in dan ex bisa memperpendek masa pakai dari komponen tersebut. Selain ikuti celah standar pabrikan, penyetelan harus dilakukan ketika mesin dingin. Segera bawa motor anda ke bengkel terpercaya untuk diseting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah milimeter. contoh standar klep MegaPro adalah 0,10 (in) dan 0,10 (ex).

6. CARA MENGATASI BAHAN BAKAR BEROKTAN RENDAH
-Cara yang terakhir anda hanya harus memilih bahan bakar yang tepat pada motor anda pilihlah bahan bakar seperti pertamax yang mempunyai kadar okdan yang tinggi di atas 92.dengan kapasitas okdan yang tinggi proses pemkaran bahan bakar akan sempurna dan tingkat polutan yang di hasilkan kecil.

   Nah bagaimana tips tadi sangat bermanfaat bukan. Demikianlah pembahasan saya tentang Cara Lengkap Mengatasi Motor Mogok Dan Penyebabnya jika ada kekurangan langsung saja di komen sehingga dapat langsung di benahi,terima kasih sudah berkunjung...!

2 komentar

Oke terima kasih saya baca dan akan dilaksanakan kalau terjadi macet sebagaimana petunjuk diatas semoga amal baik anda diterima oleh Allah swt. amienx3


EmoticonEmoticon