Penyebab Motor Mogok

Nah di sini saya akan membahas tentang penyebab dan solusi motor mogok .banyak motor yang selalu berpegian jauh tapi mereka belum tau penyabab masalah pada motor ketika berjalan jauh .biasanya kita ketika mogok akan mendororng motor,Disinis kalian tidak perlu lagi mendorong motor.

Motor mogok
  
Berikut ulasannya :


1. TIDAK ADA PENGAPIAN

Motor mogok bisa disebabkan karena tidak adanya pengapian pada motor motor kita sehingga tidak ada yang membakar bensin diruang pembakaran.
Bagaimana caranya kita tahu bahwa tidak ada pengapian di motor kita?
  •  Pertama lepaskan kabel koil yang menuju kebusi. Copot dari cangklongnya lalu dekatkan dengan mesin motor (bisa baut, blok mesin atau apa saja yang mengandung besi (logam) yang didalam dunia bengkel disebut massa/ground)
  • Lalu stater mesin/slah lalu perhatikan apakah ada listrik yang keluar dari kabel tersebut. Jika ada bisa dipastikan businya mati, tetapi yang jadi masalah jika pada kabel tersebut tidak ada listriknya maka kita harus mengeceknya satu-satu mulai dari koil, cdi dan spull. 
  • Cek koil : perhatikan kabel yang ada dibody koil. Satu kabel adalah massa (bisa juga tidak ada kabel tetapi body koil langsung menempel di rangka motor), lalu kabel satu lagi berasal dari CDI, sedangkan kabel besarnya adalah yang menuju kebusi.
  • Lepaskan kabel yang berasal dari CDI lalu cek apakah ada listriknya atau tidak (caranya seperti mengecek kabel besar dari koil yang menuju ke busi), jika ada dapat dipastikan bahwa koilnya sudah lemah. 
  • Jika kabel yang dari CDI menuju ke koil tadi tidak mengeluarkan listrik silahkan cek kabel yang dari spull/kontak yang untuk input ke CDI apakah ada listriknya atau tidak caranya sama seperti sebelumnya.
  • Jika ada listriknya bisa dipastikan bahwa CDI sudah rusak/lemah, jika tidak ada listriknya berarti spull/sumber listrik yang dari CDI rusak.
   2. BENSIN TIDAK MENGALIR
Jika sektor pengapian bagus motor mogok bisa juga disebabkan maslah sepele yaitu bensin mampet/tidak mengalir lancar ke karburator. Silahkan di cek slang bensinnya atau filter bensinnya bisa saja ada kotoran yang menyumbat. Jika sudah di cek alirannya lancar bisa dipastikan masalahnya ada pada karburator, mungkin saja sudah kotor atau kemasukan air, jika begitu silahkan di servis karburatornya. Untuk cara menservis karburator akan saya bahas pada postingan selanjutnya. 

   3. KOMPRESI TIDAK ADA
Jika pengapian, jalur bensin hingga karburator semua dalam kondisi bagus motor mogok bisa juga disebabkan hilangnya kompresi mesin sehingga tidak mampu memampatkan bensin dan udara untuk di pantik api busi sehingga tidak terjadi siklus pembakaran didalam mesin. Cara mengeceknya adalah silahkan anda lepas busi dari mesin, setelah itu anda tekap lobang busi tadi dengan jari anda lalu silahkan stater/slah mesin apakah ada tendangannya dan berasa panas atau tidak. Jika tidak berarti kompresi mesin sudah hilang.
jika hal ini terjadi silahkan bawa motor anda kebengkel langganan anda karena diperlukan keahlian khusus didalam menservis bagian ini, karena penyebabnya bisa macam-macam, diantaranya seher sudah aus, klep sudah tidak menutup sempurna, noken as sudah tidak tepat timingnya atau aus, rantai keteng kendor sehingga top kompresi jadi melenceng, atau bisa juga paking sudah bocor.

Semoga bermanfaat,biar motor anda tidak perlu dorong-dorong lagi.

3 komentar

sayang gan... ane gak punya motor T_T

Wah.Tetangga kelas ane rasanya lebih tau soal otomotif gan.

Keren artikelnya gan.Membantu sekali bagi pengguna kendaraan yg awam seperti saya.

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon