Bagian-bagian utama karburator

Yeah setiap karburator memiliki kompenen atau bagian bagiannya yang sangat penting , yang sederhana sekalipun terdiri dari kompenan utama Bagian-bagian utama karburator berikut ini:

1) sebuah tabung berbentuk selinder ,tempat terjadinya campuran udara dan bahan bakar.

2)perecik utama (main nozzle),yaitu pemancar utama yang mengabutkan bahan bakar,tinggi ujung perecik utama hampir sama tinggi dengan permukaan bahan bakar di dalam bak pelampung. Main nozzle biasanya terdapat di karbu venturi tetap.sedangkan pada karbu tipe slide (variable vanturi) maupun tipe kecepatan konstan (cv)peran main nozzzle di gantikan nadlle jet .nedlle jet mengontrol campuran bahan bakar dan dari udara yang dialirkan dari celah di antara nedlle jet dan jet nedlle (jarum pengabut) tersebut.

3 venturi yaitu bagian yang sempit dalam tabung karbu guys venturi ini brfungsiuntuk mempertinggi kecepatan aliran udara sesuai dengan diameternya sendiri venturi akan selalu tetap untuk venturi tetap dan utuk variable venturi dia akan berubah-ubah.

venturi tetap ,venturi variable


4) katup trotel (throotle valve atau throttle butterfly) katup ini untuk mengatur besar kecilnya pembukaan tabung karbu yang yang berarti mengatur banyaknya campuran udara bahan bakar.

5) wadah (ruang) bahan bakar di lengkapi dengan pelampung untuk mengatur tinggi rendahnya bahan bakar.bahan bakar masuk melalui jarum katup.jarum katup tersebut akan membuka dan menutup ke aliran bahan bakar yang masuk ke mangkok karbu.

6) spuyer utama (main jet) main jet berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar pada aliran main system (system utama) pada putaran menengah dan tinggi.

7)pilot jet yaitu berfungsi sebagai pengontrol aliran bahan bakar pada pilot system pada putaran rendah dan menengah.

8) jet needle (jarum pengabut),berfungsi mengontrol jumlah aliran bahan bakar dan udara melalui bentuk ketirusan jet nedlle.jet needle umumnya terdapat dikarbu tipe variable venturi dan tipe cv.

9) pilot air jet berfungsi mengontrol jumlah aliran udara pada pilot system pada putaran langsam/stasioner ke putaran rendah.

10) main air jet yaitu berfungsi mengontrol udara pada campuran bahan bakar dan udara pada putaran menengah dan tinggi.kemudian juga mengontrol udara yang menuju ke neddle jet sehingga mudah tercampur dengan bensinyang berasal dari main jet.

Untuk selanjutnya,Bagian-bagian utama karburator ini dapat di lihat pada gambar berikut:
kompenen karbu

 Coret-coret aja di komen yang pengen nanya tentang motor semoga bermanfaat :) SALAM ANAK MOTOR.

22 komentar

http://7stepstohealthdiabetesliereview.com/

Water is the most precious and vital resource on earth. All living organisms need clean water in order to sustain life. But what can be done if our water supply becomes contaminated with dangerous poisons and toxins? The best and safest way to deal with this impending problem is through filtration. However, not all water filtration systems work in removing all contaminants. The most common filtration methods of removing harmful contaminants from water are reverse osmosis, granular activated carbon and carbon block filters (GAC), and kinetic degradation fluxion (KDF).

http://oldschoolnewbodybookreview.com/

makasih dah sharing gan nambah ilmu

ditambahin sama video bar menarik

This comment has been removed by the author.

ane kurang paham sama mesin gan :v

This comment has been removed by the author.

Article nya mantapp..Kebetulan saya teknik mesin

Ini saya adhyaksa yg di facebook udah saya kunjungi dan saya ikuti google+nya kunjungi balik yah dan berikan komen di artikel saya.

This comment has been removed by the author.

wah kebetulan suka rakit2 motor, lumayan dapat ilmu lagi, terimaksih gan

wah mantep gan,, ijin comot buat di rmh gan ngerakit

Kalo gini kok saya masih bingung ya , coba diberi video gan

Kalo gini kok saya masih bingung ya , coba diberi video gan

saya dulu SMK jurusan otomotif, sekarang kuiah jurusan IT
selama sekolah SMK saya gak begitu memahami otomotif

karna ini kata buku gan jadi agak susah tapi baru yang ini aja


EmoticonEmoticon