Mengenal Cara Belajar Kopling Motor

   Terdengar kata kopling itu pastinya membayangkan motor laki.Yah semua tau itu kopling berhubungan dengan motor bergigi .umumnya kopling yang di gunakan sepeda motor adalah kopling tipe basah dengan plat ganda ,artinya kopling dan kompenen kompling lainnya terendam dalam minyak pelumas.
   tipe kopling yang di gunakan pada sepeda motor menurut cara kerjanya ada dua jenis kopling yaitu kopling mekanis dan kopling otomatis.cara melayani dua kopling ini sewaktu pembebasan (memutuskan putaran poros engkol).
  a.kopling  mekanis
       adalah kopling yang cara kerjanya di atur oleh handel kopling di mana pembebasan di lakukan dengan cara menarik handel kopling pada batang kemudi.
  b.kopling otomatis
       adalah kopling yang cara kerjanya oleh tinggi rendahnya putaran mesin memasukan gigi pada putaran renda( pada saat di rem seperti motor yang tidak memakai kopling).

gambar kopling

CARA NAIK MOTOR KOLPING
   Naik motor kopling itu susah-susah gampang langsung aja
1)sebelum ke motor kopling kita juga harus bisa motor gigi otomatis biar gak kagok pas naik motor koplingnya
2)belajar memainkan kopling motor dengan cara menekan dan melepas kopling .pada saat melepas kopling anda harus berhati-hati (pelan-pelan saat melepas kopling ) karna kalo tidak berhati-hati bisa loncat motornya.
3)setelah bisa memainkan kopling kita juga harus bisa menaikkan dan menurunkan gigi gigi kopling itu sangat berbeda dengan motor gigi biasa (tidak memakai kopling) jika motor gigi biasa menaikkannya dengan mengijak pedal gigi ke bawah tapi kopling justru sebaliknya.
gambaran untuk memasukan dan menurukan gigi
4)jika anda tinggal di kota atau sering menjumpai lampu merah .motor kopling juga tidak seperti motor gigi biasa hanya di diemkan (dengan posisi motor hidup) tidak berjalan kalo kopling juga bisa anda tekan kopling nya ketika berhenti sesaat atau di netralkan giginya.
  
   itu tadi pembahasan tentang arti kopling dan cara belajarnya jika anda belum mengerti tentang cara belajar kopling saya akan mebagikan vidionya.

Semoga bermanfaat.

21 komentar

wah semakin tau nih belajar motor kopling

Whahahahaha , ini nih yang saya car , biasa mau beli motor baru tapi belom bisa naik motor kopling

Q mlai bljar nyetir sepeda motor ya yg udah koplingan

akhirnya jadi bisa naik motor kopling nih bro,makasih tutornya

saya mau rombak motor supra x saya jadi pake kopleng manual, gimana ya cara nya ?

tapi sayang ane gak bisa naen sepeda kopling, tapi tak apalah, bisa dipelajari dari sini hehe.
nice post gan.

sulit dan btuh waktu lama gan tapi emang kalo bisa ane kasih tau

Mantap, good info buat yg blom bisa bawa motorkopling

wah ane udah bisa ni gan, ane otodidak

enggak gak di sini hanya meberi kabar terbaru otomotif

pass buat latihan nig gan thanks


EmoticonEmoticon