KARBULATOR
Fungsi dari karbu sendiri adalah:
a.mengatur perbandingan campuran antara udara dan bahan bakar
b.mengubah campuran tersebut menjadi kabut
c.menambah atau mengurangi jumlah campuran tersebut sesuai dengan kecepatan dan beban mesin yang berubah-ubah.
sejak mesin di hidupkan sampai mesin berjalan pada kondisi yang stabil perbandingan campuran mengalami beberapa kali perubahan.Untuk melakukan perubahan perbandingan sesuai dengan kondisi mesin tersebut maka terdapatbeberapa sistem dalam karburator.
A.Prinsip kerja karburator
Di dalam mesin,pada saat langkah hisap piston akan bergerak menuju titik mati atas atau TMA dan menimbulkan tekanan renda atau vakum guys.saat terjadinya tekanan antara ruang selinder dan udara (tekanan udara lebih tinggi) maka udara masuk ke dalam selinder. perbedan tekanan merupakan dasar kerja suatu karbu, yaitu dengan membuat venturi.semakin udara cepat mengalir pada saluran venturi,maka tekanan semakin rendah dan kejadian ini di manfaat kan untuk menghisap bahan bakar.venturi sendiri adalah pengecilan diameter atau penyempitan saluran.
B.Tipe karbu
Berdasarkan kontruksinya, karbu pada motor dapat di bedakan menjadi tiga,yaitu:
1)karburator dengan venturi tetap (fixed venturi)
karbu tipe ini merupakan karbu yang diameter venturi tidak bisa di ubah-ubah lagi.besarnya aliran udaranya tergantung pada perubahan throttle butterfly (katup throttle /katup gas).terdapat juga sistem skselerasi atau percepatan untuk saat mesin di gas tiba-tiba.
![]() |
karburator dengan venturi tetap |
2)karburator dengan venturi berubah-ubah (slide carburetor or variable venturi)
karburator dengan venturi berubah-ubah menempatkan throttle valve/throttle piston (skep) berada dalam venturi dan langsung di operasikan oleh kawat gas.oleh karena itu,diameter venturi bisa di bedakan (bervariasi) sesuai besarnya aliran campuran bahan bakar dalam karburator.karbu tipe ini dalam menyalurkan bahan bakar hanya melalui mein jet (spuyer utama) yang di kontrol oleh neddle (jarum).karna bentuk jarum hanya di rancang dengan tirus.hal ini akan mengurangi jet(spuyer) dan saluran tambahan lainnya seperti yang terdapat pada karbu venturi tetap.
![]() | |||
karburator dengan venturi berubah-ubah |
3)karburator dengan kecepatan konstan (constant velocity carburettor)
karbu ini merupakan gabungan dari kedua karbu di atas,sering juga di sebut dengan CV (cv caburettor)piston valve berada dalam venturi berfungsi agar diameter venturi berubah dengan geraknya piston tsb ke atas dan ke bawah.pergerakan piston valve ini tidak di gerakan oleh kawat gas seperti karbu berububah-ubah,tetapi oleh tekanan negative (kevakuman) dalam venturi tsbt.
![]() |
2 komentar
Baru tau ane soal Karbu, cuma ada 3 doang gan gak ada yang lainnya?
iya gan
EmoticonEmoticon