4 Cara Memperbaiki Starter Yang Rusak

   4 cara memperbaiki starter yang rusak-Hai guys salah satu kompenen utama yang di miliki sepeda motor adalah starter, dengan adanya starter kita bisa menghidupkan mesin motor hanya dengan menekan tombol starter yang akan membuat pekerjaan menghidupkan motor lebih gampang, tidak halnya seperti saat kita kehabisan aki atau starter nya mati, kita akan melakukan alternatif lainnya yaitu menggunakan engkol, engkol adlaah alternatif lain jika starter anda tidak berfungsi, tapi jika memakai starter anda harus melakukan standard dua dulu jika matic dan harsu mengenkol dengan sekuat tenaga susah bukan.

Starter Motor


   Bagaimana ketika starter anda mati apa solusinya..? ,mungkin solusi lain yang biasa di gunakan saat starter mati di dorong, yah harus dorong noh smapai bengkel kan capek, terus bagaimana membenarkan starter yang mati atau rusak, untuk mengatasi masalah seperti ini anda harus tau gejala dan penyebab starter anda bisa mati karna dengan anda mengetahui gejala dan penyebab starter yang rusak akan mempermudah anda dlam membenarkan starter yang rusak bahkan mati. biasanya gejala ketika starter yang mati akan menimbulkan suara yang agak kasar, bisa juga dengan suara ngejet-ngejet atau bahakan tidak ada suara sama sekali saat starter di hidupkan.

BACA JUGA :
 Harga dan bentuk Yamaha Mio Z

   Namun jika starter di hidupkan atau di tekan dan motor starter tidak berputar itu penyebabnya adalah kekurangan daya pada aki, jika aki anda kurang sebaiknya anda mengecas akinya atau bahkan mengganti aki lama dengan baru agar starter bisa di hidupkan. kerusakan starter di sebabkan oleh empat/4 kompenen yaitu baterai atau aki, rangkain sendiri, relay starter, motor starter(dinamo). Bagaimana cara memperbaiki starter semacam ini, apa perlu dana yang besar,jika ingin lebih detail baca 4 cara di bawah ini smapai selesai ya guys, cara memperbaiki starter yang rusak:

CARA MEMPERBAIKI DAN PEMERIKSAANYA

  1. AKI ATAU BATERAI 
            Pada kompenen yang berhubungan dengan starter termasuk aki motor, aki motor adalah bagian penting kompenen sepeda motor karna aki adalah bagian seluruh kelistrikan sepeda motor, pada saat anda melakukan starter motor dan dinamo starter hanya diam maka perlu anda cek baterainya, Cara untuk mengeceknya yaitu anda harus menggunakan multimeter atau anda juga bisa menggunakan alat avo meter untuk pengecekan tegangan baterai yang di hasilkan. Tergangan baterai yang bagus ialah tidak kurang dari 12 Volt. Jika mengalami kekurangan pada tegangan baterai ada dua kemungkinan yaitu pada sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterainya yang sudah rusak. Untuk motor matic ketika anda menekan starter dan lampu inektor bekedip-kedip, penyebabnya nya adalah masalah aki nya karna aki sudah lemah dan habis.

     2. RANGKAIN STARTER

             Setelah anda mengecek bagian starter dan aki tapi tidak terjadi masalah nah hal lain yang perlu anda lakukan adalah memeriksa rangkain starter anda, mungkin masalah-masalah yang terdapat pada rangkain starter adalah kabel yang putus, socket-socket, atau tombol starter yang sudah rusak dan berkerat bahakan kotor. cara pemerkisaan adalah dengan menggunakan multimeter, periksa apakah ada alur listrik yang mengalir, jika ada kabel yang putus  sebaiknya anda gunakan kabel baru tapi jika kepepet lebih baik anda sambungkan kembali kabel yang putus tadi, jika tombol starter kotor maka bersihkan dengan amplas halus.

    
     3.RELAY STARTER

            Ketika kedua pemriksaan tadi kurang atau  tidak terjadi gejala dan masalah kita beralih ke kompnen lainnya yang berhubungan dengan starter yaitu relay starter, sebuah kompenen yang berfungsi sebagai sakelar elektromagnetik untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik tinggi dari baterai menuju starter. untuk anda yang ingin tau dan penasaran bagaimana mengeceknya dengan cara, sambung dua kabel ke baterai min(-) dan ke baterai plus(+) jika anda mendengar suara meletak berarti barang masih bagus, tapi jika anda tidak menemukan suara cetak berarti barang sudah rusak dan kalian tidak bisa membenarkannya melainkan harus menggantinya.


     4.DINAMO STARTER

            Untuk bagian ini Kerusakan yang terjadi jarang terjadi tapi kenapa tidak jika kita memeriksanya, Cara untuk memeriksa motor starter yaitu dengan cara menggunakan multimeter dengan cara probe (+) di hubungkan dengan kabel yang menuju ke motor starter dan probe (-) anda hubungkan dengan massa. Setelah itu anda tekan tombol starter dan periksa apaka ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada arus listrik yang mengalir maka bisa di pastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter di sebabkan adanya dua kemungkinan yaitu brush sudah aus atau juga bisa pada kumparan terputus. Kalau cuma brushnya saja yang aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, akan tetapi jika kumparannya (spull) yang terputus sebaiknya di bawa ke tukang service dinamo saja.

 

   Bagaimana mana guys 4 Cara Memperbaiki Starter Yang Rusak bermanfaat bukan, jika ada ingin bertanya silahkan langsung saja berkomentar nanti akan saya jawab gusy. terima kasih sudah berkunjung, good luck.


EmoticonEmoticon