![]() |
motor injeksi |
Berikut ulasan Tips jitu bagaimana cara merawat motor injeksi milik sendiri, yang mungkin akan mempermudah anda dalam melakukan perawatan motor injeksi anda :
1. Selang Saluran Bahan Bakar
![]() |
selang pembuangan bahan bakar injeksi |
Injektor memiliki fungsi yaitu menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh piranti Electronic Control Unit (ECU). Komponen tersebut selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin , komponen tersebut juga sangat menentukan boros tidaknya komsumsi bahan bakar yang digunakan pada sebuah motor.Namun ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar. Bila Selang kotor ataupun bocor maka kinerja injektor tidak akan menjadi maksimal. Oleh karena itu selang wajib selalu di periksa setelah motor menempuh jarak 2000 kilometer.
2. Pompa Bahan Bakar.
![]() |
Pompa bahan bakar montor injeksi |
3. Pastikan Ketepatan Posisi Klep Injektor.
Meski waktu dan tekanan ke klep di atur oleh komponen yang dinamakan dengan ECU( yang sudah di program oleh pabrikan ).Namun ,tak jarang posisi klep akan mengalami perubahan karena berbagai faktor penyebab. Oleh karena itu ,agar kinerja injektor benar benar maksimal , maka pastikan bahwa klep berada di posisi yang tepat , artinya ,tidak terlalu renggah dan juga tidak terlampau rapat. Bila Terlalu renggang maka asupun bahan bakar ke komponen tersebut berlebih dan sebaliknya bila terlalu rapat akan mengakibatkan semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar juga tidak ideal seperti takaran dari pabrik. So, Hasil proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan tenaga mesin menjadi loyo atau motor menjadi boros untuk bahan bakarnya.
4. Periksa Rutin Busi dan Bersihkan Filter Udara.
Busi merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi untuk pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar.Ketepatan pantikan api yang di hasilkan busi dengan semburan bahan bakar (bensin) yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran. Proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadikan proses tidak maksimal dan juga menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo,Oleh karena itu bersihkan busi selalu agar pantikan api sempurna selain itu atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan katub busi. Begitupun dengan filter udara , Bila filter kotor maka anda bisa segera bersihkan sedangkan bila sel sel kerta telah sangat kotor atau rusak lebih baik anda segera melakukan pergantian dengan yang baru. Yang perlu anda ketahui, filter yang rusak atau kotor maka akan menjadikan hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhambat.Padahal kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin tersebut sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan juga bahan bakar.
5. Rawat ECU Dengan Baik
![]() |
ECU montor injeksi |
ECU atau singkatan dari Electronic Control Unit adalah ota yang mengatur keseluruhan unit injektor , baik takaran bahan bakar yang akan di semprotkan maupun bukan tutup klep injektor.Sehingga bila komponen ini terganggu maka akan menyebabkan kinerja injektor tidak akan berjalan dengan baik .Satu diantaranya misalnya seperti semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran.Dari hal tersebut maka akan berakibat stationer mesin menjadi tidak stabil. Bila tingkat kerusakan yang terdapat pada komponen ECU telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan alias Mogok. Untuk Kerusakan yang terjadi pada ECU sendiri ada beberapa penyebab,diantaranya yaitu seperti gangguan kelistrikan karena over suppley, voltase sumber kelistrikan rendah,korsleting dan lain sebagainya. Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk secara rutin memeriksa kabel pada kelistrikan .Bila anda melakukan modifikasi yang memerlukan tambahan asupan tenaga listrik sebaiknya anda pikirkan ulang efeknya ke sistem kelistrikan,coba anda tanyakan pada bengkel modifikasi apa yang akan terjadi bila asupan tersebut digunakan untuk komponen aksesoris lainya dan pastikan bahwa aksesoris tambahan tersebut tidak berpengaruh ke sistem kelistrikan yang akan menganggu ECU.
Demikian dulu ulasan kita tentang Tips jitu bagaimana cara merawat motor injeksi milik sendiri, semoga bermanfaat dan dapat berguna........ salam ANAK MOTOR....
12 komentar
busi berpengaruh jyga yah gan....thanks nice info
thenks info nya gan..
tipsny mantap gan.. thx infony
Waduh ngaku deh kurang merawat motor, abis ini lah ... lebih m=jaga motornya ...
Baru Tahu ane , Cara Merawat Motor Dengan Baek ,hehe.Thank Info Pengetahuan nya Cara Jitu Bagaimana Merawat Motor , Terimakasih Kang.
Salam Blogger Dari www.pcunik.blogspot.com
Apakah Semua tips diatas bisa kita lakukan sendiri atau harus ke bengkel sob.?
bisa gan kalo emang agan lengkap ama peralatannya
Dicoba ah biar awet hee
iya gan
semoga saja langkah-langkah ini berhasil buat motor injeksinya,, terima kasih tutorialnya Mas :)
EmoticonEmoticon