Cara Mengatasi Karburator Banjir Dan Penyebabnya

   Cara mengatasi karburator yang banjir dan penyebabnya- Hai guys kabar otomotif yang tidak ada habisnya membuat kita pencinta otomotif tidak akan bosan karna mendengar kabar otomotif setiap harinya, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tips and trick mengenai Cara Mengatasi Karburator Dan Penyebabnya, karburator adalah tempat prosesnya bahan bakar saat bekerja dari tangki minya sampai knalpot, sehingga banyak variasi dan model karbu dari yang besar hingga yang kecil, dan adapula karburator yang kecil di jadikan besar dan biasanya terdapat pada anak racing atau modifikasi.


   Untuk di jaman sekarang setiap motor keluaran terbaru di bekali dengan injeksi walaupun dengan begitu pengguna karburator masih tetap banyak di bandingkan pengguna injeksi, nah baca juga perbedaan injeksi dan karburator dengan begitu kalian akan lebih tau dan mungkin lebih memilih karburator ya. karburator yang banjir akan membuat susah pengendara karna ketidaktahuan penyebab dan mengatasinya oleh karena itu saya akan memberi tips and penyebab buat kalian semua.

PENYEBAB KARBURATOR BANJIR

    Penyebab karburator banjir adalah needle valve yang tidak menutup secara sempurna. Di bagian bawah karburator terdapat sebuah ruang pelampung yang digunakan untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini berfungsi sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi penuh oleh bensin, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup secara sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang dikenal dengan karburator banjir.

   


 CARA MENGATASI KARBURATOR BANJIR

     Pada bagian  cara mengatasi karburator yang banjir anda tidak perlu khawatir dengan masalah karburator yang banjir seperti ini ada masalah pasti ada solusinya nah bagi kalian semua untuk lebih bisa mengatasi karburator yang banjir baca solusi di bawah ini sapai selsesai ya guys:

  1.   Hal pertama yang anda lakukan adalah dengan melepas karburator dari selinder, dengan cara melepas baut-baut yang di ikuti dan jangan lupa juga lepas kabel gas cuk. 
  2. Hal kedua jika anda memakai filter udara standard maka sebaiknya melepas terlebih dahulu filter udaranya agar lebih mudah untuk melepas karburator.
  3. Hal yang ketiga adalah setelah anda melepas karbuartor, selanjutnya anda membongkar dan melepas empat baut yang berada di bagian bawah.
  4.  Hal yang ke empat anda buka bagian pelampungnya dan anda juga akan langsung melihat ada pelampung berwarna putih pudar dan berbahan plastik.
  5. Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melepas pelampung bersama dengan sindiknya, maka pelampung akan keluar bersama dengan needle valvee.
  6. Bagian selanjutnya anda cuman perlu melakukan penyetelan dengan cara membengkokan ke atas sedikit saja, pada logam yang di gunakan untuk dudukan valvee.
  7. Nah jika anda sudah membengkokan logam yang di gunakan untuk dudukan needle valve, pasang kembali pelampung dan juga needle valve. Setelah itu lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin, dan gerakan pada pelampung ke atas dan ke bawah.
  8. Pastikan bahwa pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve bisa menutup secara sempurna. Jika belum pas lakukanlah penyetelan ulang.
     Bagaimana tips dan cara tadi, saya anjurkan sebelum anda memasang kembali selindernya sebaiknya anda melakukan pembersihan pada spuyernya. agar mendapatkan hasil yang bagus. Demikianlah penyampain saya mengenai Cara Mengatasi Karburator Banjir Dan Penyebabnya jika ada pertanyaan kritik atau saran langsung saja berkomentar di bawah nanti akan langsung syaa benahi. terima kasih sudah berkunjung, good luck.
 


EmoticonEmoticon