Cara Tepat Mengganti Oli Motor Matic

     Cara tepat melakukan penggantian oli matic-Dalam melakukan penggantian oli mesin emang cukup mudan tapi tidak semudah yang anda bayangkan, mungkin yang anda pikirkan adalah tinggal menuang dan membuang itu salah,kali ini saya akan memberi tips yang baik dan benar dalam melakukan pengantian oli pada motor matic, sehingga anda tidak bingung lagi dan tidak perlu ke bengkel-bengkel cukup di rumah saja.





   Mungkin banyak diantara kita masih ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti Oli mesin pada motor matic dengan benar,dan ada juga ada beberapa orang yang sudah bisa mengganti oli motor. Pada umumnya untuk penggantian oli motor sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja ,karena memang tidak perlu membutuhkan kemampuan khusus ,anda cukup membeli oli motor yang di rekomendasikan oleh pabrikan,setelah itu anda tinggal membuka penutup oli mesin jika sudah terbuka anda buang olinya sampai bersih selanjutnya anda pasang kembali baut yang dibuka tadi kemudian terakhir anda tuangkan oli yang di rekomendasikan oleh pabrikan motor matic anda tersebut,nah kurang lebih seperti itu gambarannya yang mana nanti saya akan jelaskan lebih detailnya dibawah ini langsung saja jangan terlalu lama.

   Dalam menjaga keadaan motor tetep prima ,stabil, tentunya salah satunya dengan mengganti oli secara berkala.Akan tetapi kita nanti akan mengalami kendala jika sebelumnya blass belum pernah sedikit pun tahu cara mengganti oli ,pasti akan merasa kesulitan bukan…? jadi lebih sering pergi ke bengkel motor untuk meminta mekanik mengganti oli motornya. Namun apa bila anda tidak ingin pergi ke Bengkel motor atau ingin mengurangi biaya pengeluaran khususnya untuk perawatan motor maka anda bisa mencoba belajar sendiri untuk mengganti oli motor, supaya anda bisa lebih tau.

PERALATAN YANG HARUS ANDA MILIKI

 1.Oli Motor
    Yah oli motor adalah hal yang pertama anda miliki. anda juga bisa membeli oli sesui keinginan anda jika ingin mengganti yang racing juga tidak papa, belilah di toko-toko di kota anda atau desa hehe.
 2.Kunci 12
     Untuk membuka tutup pada bagian tengki oli anda bisa memakai kunci 12 karena akan mempermudah dalam melakukan proses penggantian oli, dan jika anda belum mempunyai nya langsung beli saja atau pinjam ke bengkel.


3.Wadah oli kotor
   Untuk bagian yang ketiga dalam mempunyai peralatan, anda cuman mempunyai wadah bekas atau tidak  bekas oli anda potong yah pinter-pinter anda saja yang penting wadahnya besar dan cukup dalam menampung oli bekasnya.
4.Corong
   Bagian yang ke empat adalah corong, sebenarnya jika anda sudah profesional dalam menungkan nya tidak perlu juga tidak papa, tapi jika anda ingin sebaiknya memakai corong bensin tapi jangan lupa ilangin jaringnya ya.
5.Teman
    Bagian ke lima ini adalah teman entah penting atau tidak tapi jika anda perlu bantuan ada cukup punya teman untuk membantu atau jika yang sudah nikah yah bojone yo rak popo hahaha.

LNGKAH-LANGKAH MENGGANTI OLI
    
A. Langkah yang a atau pertama kita mulai dari motor di posisikan standard dua/standard tengah, nah setelah di standard siapkan peralatan-peralatan yang sudah saya beri di atas tadi seperti corong, wadah olinya, kunci 12, dan teman anda. ingat wadah untuk menampung oli kotornya.

B. Langkah kedua dalam mengganti oli adalah membuka bagian baut pembuangan oli, nah untuk membukanya anda perlu atau cukup menggunakan kunci 12, lihat dulu posisi bagian baut nya dia berada di bawah dan agak miring, nah setelah ke temu putar baut dengan kunci 12 setelah terbuka biarkan oli kotor mengalir sampai habis, oh iya wadahnya tadi jangan lupa ya, nah jika ingin lebih cepat keluar anda miringkan posisi motor anda sehingga posisi olinya akan miring juga dan cepat keluarnya. jika anda mempunyai kompresor lebih baik anda gunakan untuk benar-benar menghilangkan oli di dalam tengkinya sampai habis dan bersih, setelah habis oli kotornya tutup kembali bagian baut pembuangan.


C. Langkah ke tiga adalah membuka bagian tempat pengisian oli, jika anda belum tau yang mana bentuk atau tempat untuk pengisiannya saya akan memberi gambarannya bukan gambar karna saya belum dapat gambarnya. Bentuk dari tempat pengisiannya adalah berbentuk sepert (-) nah berbentuk bulat dan min di tengahnya, yah di dekat kipas angin di deket leheran knalpot. cara membukanya anda bisa memakai obeng dengan cara di putar ke sebelah kiri samapi terbuka.

D. Langkah atau bagian yang ketiga adalah mempersiapkan corong untuk melakukan pengisian oli, tujuan corong sendiri berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan pengisian oli, karna posisi lubang pengisian juga agak miring dan agak kecil jadi sangat di anjurkan menggunakan corong, tapi jika anda sudah terbiasa ya silahkan monggo.

E. Langkah terakhir adalah memasukan oli mesin dan menutup kembali bagian lubang pengisiannya, nah setelah memiliki corong anda langsung saja mengisikan atau memasukan oli kedalam tengki sampai oli di dalam wadahnya habis bersih. setelah itu tutup kembali lubang pengisian nya dengan memakai obeng tapi putar kekanan ya guys.

   
   Nah guys bagaimana cara dan tips tadi bermanfaat bukan. Demikian lah pembahasan saya mengenai  Cara Tepat Mengganti Oli Motor Matic , bagi anda yang mempun yai saran atau kritik silahkan langsung komen nanti akan saya benahi, sampai ke temu lagi, terima kasih sudah berkunjung.


EmoticonEmoticon