Cara Jitu Mengatasi Knalpot Menembak Atau Meledak

    Cara Jitu Mengatasi Knalpot menembak atau meledak-Apa yang kamu lakukan ketika knalpotmu meledak atau menembak..?,Apa sih penyebabnya..?.mari kita jawab satu-persatu, jika kamu mendengar suara knalpot yang tidak enak atau mengagetkan ketika sedang membawa motor,mengatasi masalah seperti itu sangatlah mudah tidak sesusahnya yang seperti kita bayangkan. coba kamu bayangkan jika knalpot mu tidak di atasi secepatnya..? .suara knalpot menembaK biasanya terjadi ketika gas di turunkan,hal inilah yang sering membuat resah/bingung pengendara.

Baca Juga:
 

   Jika membahas tentang penyebabnya pasti kalian tahu kenapa sih bisa suara seperti itu,biasanya kalian jarang merawat knalpotnya tau pengapiannya dll.mari kita bahas satu-persatu:

  1. Ada beberapa penyebab yang perlua kamu ketahui tentang knalpot meledak,campuran udara bahan dan bahan bakar yang tidak seluruhnya terbakar oleh busi motor,bisa menyebabkan suara letupan yang diakibatkan oleh after burn, alias pembakaran kedua. After burn ini meletup setelah gas segar yang tidak terbakar berhasil lari keluar knalpot. 
  2. Knalpot yang mengeluarkan suara letupan atau nembak, bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran. Contohnya, air screw karburator yang sudah aus atau setelan karburator yang kurang optimal.  
  3. Penyebab suara letupan knalpot yang lain adalah kondisi busi yang sudah tidak layak. Elektroda busi yang sudah kotor karena diselimuti oleh kerak sisa pembakaran atau basah terkena air bisa menyebabkan percikan api yang tidak stabil. Dengan demikian knalpot pun bisa mengeluarkan suara nembak.
  4.     Packing knalpot yang rusak dan mur pengikat yang kurang kencang juga merupakan salah satu penyebab knalpot nembak lainnya. Hal ini akan menyebabkan kebocoran pada bagian gas buang sehingga membuatnya meletup.
    Saat semua penyabab sudah kita ketahui mari kita lihat,langkah apa saja yang perlu kita lakukan dalam membasmi knalpot menembak ini :

1.Yang Pertama yang harus anda perhatikan adalah bagian pilot screw nya /angin-angin/setelan karburator.usahakan anda menyetelnya dengan setelan standard motor 2,5-3 putaran penuh,atau bisa juga sesuaikan dengan kebutuhan mesinnya.

2. Cek kondisi busi, usahakan kondisi busi masih layak pakai. Bila sudah tak layak segera ganti baru 
karena menurut anjuran pabrikan busi di ganti tiap 6 ribu km. Jangan lupa atur ulang gap busi jadi 0,7mm.

3.Selanjutnya anda bisa lakukan checking pada filter udara motor, karena filter yang kotor bisa menghambat aliran udara yang menuju ke komponen yang disebut karburator,sehingga tentunya menjadikan campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih kaya.Usahakan untuk melakukan pergantian filter udara setiap 15.000 km karena filter udarah mio dan mio soul menggunakan element basah sehingga tidak bisa di bersihkan melainkan di ganti menggunakan yang baru.

4.Cek juga pemasangan dan kondisi knalpot motor Anda. Bisa saja suara knalpot nembak justru disebabkan oleh knalpot itu sendiri.

5.Bagian terakhir coba anda periksa juga AIS (air induction system) ,…? nah bagi orang baru hal ini mungkin masih asing baginya .. AIS adalah komponen yang menginjeksikan udara bersih ke lubang buang sehingga hasil pembakarannya menjadi lebih ramah lingkungan . Biasanya membran AIS ini yang suka ngasal, jadi solusi terbaik yang mudah dan murahnya ya anda tinggal tutup aja selang AISnya yang menuju ke lubang buang tersebut ,untuk penutupan tersebut bisa menggunakan apa saja. bisa menggunakan platisk, tutup pentil ban atau apapun yang penting intinya adalah ketutup.

    Apakah tadi masih membuat knalpot anda tetap menembak jika iya,coba periksa bagian AFR karburator apakah sudah pas atau belum,,cek juga bagian kondisi busi n filter udara apakah sehat ,selain itu cek juga perangkat AIS nya jika tidak ada bocor dan selang vakum bensin tentunya tidak ada masalah pasti hilang suara nembaknya.

   Demikian informasi tentang Cara jitu mengatasi knalpot menembak atau meledak ,jika ada masalah yang ingin di pertanyakan silahkan coret-coret di komentar,dan jangan lupa share ya guys,by otosami.

1 komentar:

Thanks gan, ternyata gampang juga yah caranya. Nice share gan.


EmoticonEmoticon