Cara Menyetel Klep Yang Benar

   Cara menyetel klep yang benar-Hai guyspada kesempatan kali ini saya akan memberi kalian pengebtahuan mengenai cara menyetel klep yang benar ,apakah kalian tau arti dari katup atau klep. Katup adalah tempat masuk dan keluar nya bahan bakar ke dalam block selinder, yang hanya berfungsi mengalirkan bahan bakar. ketika kalian telah paham mengenai cara kerja dan artinya kalian harus tau juga cara merawatnya atau menyetelnya tapi perlu kalian ketahui dalam menyetel klep tidak sembarang cara kalian pakai untuk menyetel klep, karna jika kalian tidak terlalu mengerti lebih baik jangan karena akan berakibat fatal.


      Dalam menyetel klep anda juga hrus tau bagaimana cra melihat kondisi mesin dan kondisi lainnya, seperti kondisi mesin yang dingin loh kenapa mesin harus dalam keadaan dingin supaya ullir bautnya tidak rusak. dan jika kalian menyetel gap klep yang terlalu rapat berpengaruh kompresi motor berkurang karna bocor, motor susah di starter, hidup motor tidak sempurna, bahan bakar menjandi boros.

   Pada saat menetel klep kita hanya perlu alat yang di gunakan seperti fuler gange yang di gunakan untuk menyetel celah klep, obeng min dan ples yang gunanya untuk membuka baut, kunci tukuran 8,9,10 yang gunanya untuk membuka mur, ketika anda sudah punya alat dan bahan yang perlu anda perhatikan lainnya adalah keselamatan kerja dalam bengkel kita harus perhatika keselamatan kerjanya apa saja yang harus anda butuhkan seperti wearpack, sepatu sefty, sarung tangan, tapi jika kalian ingin menyetel klep sendiri tidak papa tidak memakai keselamatan kerja.

CARA MENYETEL KLEP YANG BENAR

Alat Dan Bahan
    Bagian pertama yang harus anda ketahui adalah alat dan bahan Jika kalian belum punya sebaiknya pinjam di bengkel karna jika tidak lengkap akan berakibat buruk. Alat dan bahan yang di gunakan:
-Kunci 8,9,10
-Kunci T 17,18
-Obeng +/-
-Filler gig
-Lock Natren 17/18
-Valve adjuste
-Fuller gange

Keselamatan Kerja
   Bagian kedua yang perlu anda lihat dalam menyetel klep adalah keselamatan kerja, ini tidak terlalu berfungsi bagi yang ingin menyetel klep di rumah. Keselamatan Kerja:
-wearpack
-sepatu sefty
-sarung tangan 
-masker

Prosedur Kerjanya
1. Lepaskan baut-baut pada tutup gigi timing dan valve adjuster hole caps (tutup lubang penyetelan klep)
2. Lepaskan timing hole caps ( tutup lubang pengaturan waktu pengapian)dan cranksaft hole caps (tutup lubang poros engkol)
3. Putar cranksaft (poros engkol) berlawanan arah jarum jam tepatkan posisi top pada gir sentrik yang bersimbol T.

Langkah Penyetelan Klep
1> Putar rotor magnet dengan kunci T kemudian paskan pada tanda T pada rotor magnet dengan cara berlawanan arah jarum jam.
2>Setel celah klep dengan menggunakan mengendorkan mur pengguna.
3>Taruh fuller gange di antara celah rocker arm dan anda mealkukan penyetelan tersebut dengan ukuran klep atas 0,15mm dan katup yang bawah 0,20mm.
4>Putar baut penyetel hingga fuller gange sedikit serak ketika ingin di tarik.
5>Lalu kencangkan mur penyetelan
6>Tutup kembali mesin dan katup menggunakan kunci T.

   Gimana guys sudah pada tau kan tapi jika kalian bingung dalam melihat nama alat dan bahan sepertinya asing di kuping kalian tadi itu adalah nama alat dengan bahasa bengkel jadi agak sulit emang.
  
    Demikian pembahasan saya mengenai Cara Menyetel Klep Yang Benar jika ada pertanyaan atau kritik dan saran kalian bisa langsung berkomentar di bawah, terima kasih sudah berkunjung, Semoga Beruntung.
 


EmoticonEmoticon