6 Tips Aman Dan Ideal Berkendara Saat Hujan

   Tips Aman Dan Ideal Berkendara Saat Hujan-Dalam cuaca hujan atau badai perlu anda ketahui bahaya ketika berkendara pada saat hujan,banyak kejadian/kecelakaan yang terjadi ketika hujan turun akibat kurangnya hati-hati dan kurang menjaga keamanan motor sendiri.sehingga membuat anda bingung bagaimana caranya naik kendaraan saat hujan tapi tidak terkena kecelakaan..?,jawaban yang gampang buat kita semua untuk mengetahui tips dan cara aman saat berkendara pada saat hujan.

BACA JUGA:
Harga dan spesifikasi all new fortuner 2016 
 tips merawat matic yang baik dan benar





   Cuaca hujan akan terus melanda indonesia tepatnya di jakarta banyak sekali warga yang terendam banjir yang di karenakan terkena hujan,bagian sumatra,jawa,dan kalimantan lah yang sering terkena hujan.marilah kita baca satu persatu tipsnya:

1.Yang pertama adalah bagian ban, Gunakanlah ban sepeda motor yang baik, dan tidak botak. Jika ban sudah botak dan licin permukaannya, sebaiknya segera diganti. Ban seperti itu sangat tidak nyaman untuk dipakai, apalagi saat musim hujan.Ban licin atau botak bisa menyebabkan kecelakaan. Kalau kedalaman alur sudah kurang dari 2 mm, sebaiknya bannya diganti. Dan pakailah ban yang kembangannya mampu menyalurkan aliran air ke bagian luar. Sebab, kalau alur kembangannya ke dalam, maka itu akan mengotori mesin,sehingga akan membuat susah diri kalian sendiri.





2. Yang kedua bagian angin ban, Turunkan tekanan ban. Saat hujan, tekanan udara pada ban sebaiknya dikurangi. Sebab, dengan kondisi jalanan yang berair, maka tidak seluruh permukaan ban akan menempel pada aspal. Kondisi ini bisa membahayakan, dan roda gampang selip.Untuk menghindari hal itu, maka tekanan udara ban sebaiknya diturunkan 3-5 psi. Dengan sedikit dikempiskan, maka permukaan ban yang menempel pada aspal akan semakin banyak, dan itu berguna untuk mengurangi terjadinya slip.dan akan terhindar dari marabahaya sehingga berkendara saat hujan jadi lebih pede.

3. Yang ketiga adalah bagian Jas hujan, Sediakan selalu mantel atau jas hujan pada jok sepeda motor. Jas hujan atau mantel bisa yang model celana, ataupun yang model terusan. Tapi di saat musim hujan, mantel yang praktis sebenarnya model celana. Sedangkan yang terusan, bisa mengganggu pengendara lain, karena sering berkibar-kibar di belakang. Kondisi ini bisa menyebabkan si pengendara akan mengalami kecelakaan.

4.Yang keempat adalah bagian helm,untuk bagian helm sebaiknya anda menggunakan helm standard atau helm yang ada penutupnya,di karenakan supaya pemakai helm tidak terkena percikan hujan saat berkendara,dan pandangan mata pun jadi lebih jelas.

5.Yang kelima masih bagian helm jika kaca helm anda ingin tetap tidak basah pada hujan,
loh kok bisa ya namanya kena air kan basah. 
ada tips biar kaca helm anda tetap kering pada saat terkena hujan yaitu menggunakan tembakau haa tembakau,bukan di pakai di mulut loh,tapi dengan cara di oles di kaca helm anda,walaupun hanya menghilangkan air dan embun tapi sangat bermanfaat agar pengendara lebih jelas pandangannya ketika terkena air,oh iya oleskan luar dalam kacanya ya.

6.Yang terakhir ini cukup gampang gak ribut gak susah gak payah gak sulit,eh sorry kelamaan cing cong yaitu cuman menghidupkan lampu depan apa tujuannya,tujuannya adalah untuk mengetahui posisi anda ketika pengendara lain dari arah yang berlawanan melihat anda dan tidak mengambil alih jalan yang anda lewati ,dan yang terpenting mengantisipasi anda dari kecelakaan.

   Tadi adalah 6 tips tentang Tips Aman Dan Ideal Berkendara Saat Hujan,mohon kritik dan sarannya karna saran dan kritik anda akan saling membantu dan membenarkan apa yang salah.terima kasih,by otosami.


EmoticonEmoticon